NOISE Pukau Peserta Workshop Fotografi FAC, Darwis Triadi: Fotografi Itu tentang Cahaya

Agus Warsudi ยท Jumat, 07 Oktober 2022 - 09:41:00 WIB
NOISE Pukau Peserta Workshop Fotografi FAC, Darwis Triadi: Fotografi Itu tentang Cahaya
Koreografer dan penari Wina Rezky Agustina dari Lokatmala Foundation membawakan tari kontemporer NOISE menjelang pembukaan Workshop Fotografi di Cipanas, Cianjur. (FOTO: ISTIMEWA)

CIANJUR, iNews.id - Pertunjukkan tari kontemporer NOISE memukau peserta Workshop Fotografi yang digelar oleh Fotografer Amatir Cianjur (FAC) di Cipanas, Kabupaten Cianjur, Kamis (6/10/2022). Para peserta membidikkan kamera, mengabadikan setiap gerak tari yang menggambarkan kegundahan masyarakat akibat 'kebisingan' akhir-akhir ini.

Koreografer nasional sekaligus penari Wina Rezky Agustina dari Lokatmala Foundation sukses membawakan NOISE menjelang pembukaan workshop itu. Para peserta menjadi bersemangat menggali ilmu fotografi dari narasumber utama Darwis Triadi selama lebih dari empat jam.

Darwis Triadi menyampaikan beberapa hal mengenai tips dan trik mengenai fotografi bagi pemula dan profesional. “Ingat fotografi sejatinya adalah tentang cahaya. Untuk menangkap cahaya salah satunya adalah dengan kamera,” kata Darwis.

Cahaya, ujar Darwis, merupakan hal paling penting dalam fotografi. Cahaya dibagi menjadi dua, yaitu, natural dan artifisial. Cahaya natural adalah cahaya yang berasal dari matahari. Sedangkan artifisial adalah cahaya yang dibuat. 

“Dalam fotografi, kita harus mampu melihat bagaimana jatuhnya cahaya ke objek. Dalam hal cahaya artifisal terdapat teknik pengambilan cahaya salah satunya, yaitu, pencahayaan rembrant,” ujar Darwis.

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: