Namanya Jadi Merek Produk UMKM, Ridwan Kamil: Silakan, Asalkan Jangan untuk Karaoke Plus

Agung Bakti Sarasa · Rabu, 24 November 2021 - 22:51:00 WIB
Namanya Jadi Merek Produk UMKM, Ridwan Kamil: Silakan, Asalkan Jangan untuk Karaoke Plus
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menjadi pembicara UMKM dalam Tepas Vol 11 di Anjungan Jabar TMII Jakarta, Rabu (24/11/2021). (Foto/Pemprov Jabar)

Sejauh ini, tutur Gubernur Jabar, sudah ada 25 UMKM yang melapor menggunakan namanya sebagai merek produk. Beberapa contoh UMKM yang menggunakan namanya, seperti Keripik Pedas Kang Emil, Toko Galon Ridwan Kamil, Tukang Cukur Kang Emil Bandung Juara, Sate Tusuk Ridwan Kamil, hingga Cimol Kang Emil. "Saya catat sudah ada 25 UMKM yang pakai nama saya (untuk produknya)," tutur Gubernur Jabar.

Tidak hanya itu, Kang Emil juga membantu memasarkan produk UMKM lewat media sosialnya yang memiliki belasan juta pengikut. Bahkan, dia pun turut mendesain produk UMKM, seperti sepatu, celana jeans, helm, jaket, dan produk lainnya gratis.

"Saya juga jadi marketingnya, saya posting di Instagram yang followernya 14 juta dan bantu juga untuk desain produknya," ucap Kang Emil.

Dukungan kongkret lain, ujar Gubernur, yakni dari sisi anggaran. Pemprov Jabar memberikan bantuan anggaran untuk UMKM lewat program One Pesantren One Product (OPOP). "Sudah hampir 2.000 pesantren sekarang punya usaha," ujarnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: