Namanya Dicatut Penipu, Ridwan Kamil: Logat Saya kok Jadi Logat Pak Ganjar Pranowo?

Agus Warsudi · Sabtu, 10 Juli 2021 - 19:10:00 WIB
Namanya Dicatut Penipu, Ridwan Kamil: Logat Saya kok Jadi Logat Pak Ganjar Pranowo?
Tangkapan layar pelaku penipuan yang mencatut nama Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dengan maraknya kasus penipuan mencatut kepala daerah. Namanya menjadi salah satu yang dicatut.

Menurut gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu, pelaku melakukan penipuan untuk meminta proposal pembangunan rumah ibadah. "Sedang marak penipuan, mencatut nama kepala daerah, untuk meminta proposal pembangunan rumah ibadah. Salah satunya mengaku atas nama saya dan bupati Sumedang @dony_ahmad_munir," kata Ridwan Kamil dalam postingannya di Instagram, dikutip Sabtu (10/7/2021).

Namun, pelaku penipuan yang dalam aksinya bervideo call dengan calon korban justru tidak menyadari telah secara terang-terangan menunjukkan identitasnya palsu dan menipu. Buktinya, dalam rekaman pembicaraan seorang calon korban, oknum penipu mengaku Ridwan Kamil itu malah berlogat Jawa.

Saat diajak calon korban berbahasa Sunda, si penipu tidak bisa menjawab dalam bahasa Sunda. Namun, dia masih beraninya mengaku sebagai Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang jelas-jelas oang Sunda dan fasih berbahasa daerah itu.

"Yang ngaku saya kurang cerdas, logat saya kenapa jadi logat pak @ganjar_pranowo dan gak bisa menjawab dalam bahasa Sunda," kata Ridwan Kamil.

"Terus maennya pasang profil WA foto keur calangap kitu. Asa piraku. Mohon semua berhati-hati, jika ada ngaku2 kepala daerah apalagi minta-minta duit. Asa piraku," kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga memberikan tips kepada warga agar terhindar dari para penipu, termasuk para pelaku pencatutan nama pejabat dan kepala daerah. Warga diminta untuk berkomunikasi dengan penipu lewat video call.

"Tips, modus-modus beginian ajak video call, kalo gak mau, pasti penipu," katanya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2