Miris, Siswa SDN Sukagalih Cianjur Belajar di Bawah Pohon karena Tak Punya Kelas

Mochamad Andi Ichsyan ยท Selasa, 23 Agustus 2022 - 08:41:00 WIB
Miris, Siswa SDN Sukagalih Cianjur Belajar di Bawah Pohon karena Tak Punya Kelas
Siswa SDN Sukagalih, Cikalong Kulon, Cianjur, terpaksa belajar di bawah pohon lantaran kelas mereka nyaris ambruk. (Foto: iNews.id/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Para siswa SDN Sukagalih, Kampung Benda, Desa Mekargalih, Kecamatan Cikalong Kulon, Cianjur, terpaksa belajar di bawah pohon dan musala. Pasalnya, tiga ruang kelas sekolah tersebut nyaris ambruk sehingga tak bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar (KBM).

Tampak para siswa dengan semangat mengikuti pembelajaran meski dengan fasilitas yang terbatas. Kondisi seperti itu tak menghalangi siswa dan guru untuk melaksanakan KBM secara penuh.

Diketahui sejak awal tahun pelajaran dimulai pada Juli 2022 lalu, para siswa-siswi di sekolah ini terpaksa harus belajar di bawah pohon tanpa kursi dan meja. Jika hujan mulai turun pihak sekolah terpaksa memulangkan anak didiknya lebih awal.

Selain belajar di bawah pohon, siswa dan siswi lainnya juga belajar di ruang musala. Kegiatan belajar seperti ini terpaksa mereka lalui lantaran sebanyak tiga ruang kelas di sekolah ini tidak bisa digunakan lagi, lapuk dimakan usia. Tak ada perbaikan sehingga kondisinya semakin mengkhawatirkan dan hampir ambruk.

Terlihat atap-atap yang bolong serta struktur bangunan yang sudah rapuh, membuat pihak sekolah terpaksa menggunakan tempat lainnya meski itu musala ataupun di halaman sekolah.

Ada sebanyak tiga ruang kelas yang dalam kondisi rusak, serta tidak layak untuk digunakan karena bisa membahayakan para siswa dan guru. Tiga ruang kelas yang rusak ini sebelumnya digunakan oleh siswa kelas 4, 5 dan 6.

"Belajarnya tidak nyaman, inginnya ada kelas baru dan belajarnya ada kursi dan meja," ujar siswi kelas 5, Nia Nurhasanah, Selasa (23/8/2022).

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: