Material Longsor Tutup Jalan Saguling-Rongga, Aktivitas Warga Lumpuh

Yuwono Wahyu ยท Selasa, 16 November 2021 - 12:56:00 WIB
Material Longsor Tutup Jalan Saguling-Rongga, Aktivitas Warga Lumpuh
Ratusan kendaraan mengantre untuk melintas di ruas Jalan Saguling-Rongga yang tertutup longsor. (Foto: iNews/YUWONO WAHYU)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Akibat diguyur hujan deras, beberapa titik tebing di Jalan Saguling, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Selasa (16/11/2021) pagi, longsor. Material longsor menutup akses transportasi masyarakat dan arus lalu lintas kendaraan di kawasan itu pun, lumpuh.

Antrean panjang kendaraan mengular sepanjang 1 kilometer (km) di Jalan Saguling. Seluruh jenis kendaraan baik truk, minibus, maupun motor, tak bisa melintas jalan provinsi ini.

Titik tebing longsor di Jalan Saguling sepanjang 500 meter. Material tanah dan lumpur dari tebing membuat badan jalan ke arah Cipongkor dan Rongga tertutup total.

Namun masih ada pengendara sepeda motor yang nekat memaksakan melintas dengan risiko membahayakan jiwa. Selain jalan licin dipenuhi lumpur, di sekitar lokasi masih terdapat titik yang rawan longsor susulan karena tanah labil akibat diguyur hujan deras sepanjang malam.

Sementara warga lain termasuk ibu hamil memilih untuk berjalan kaki dengan menyusuri jalan berlumpur. Kemudian menyusuri selokan dan kebun di sekitar lokasi. "Aktivitas perekonomian pun terganggung terutama para pedagang tak bisa melintas," kata Apep Permana, warga Saguling.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: