Kontur Tanah Sukanagara Lembang Labil dan Rawan Longsor, BPBD KBB: Warga Diminta Mengungsi

Adi Haryanto ยท Senin, 15 November 2021 - 19:02:00 WIB
Kontur Tanah Sukanagara Lembang Labil dan Rawan Longsor, BPBD KBB: Warga Diminta Mengungsi
Tebing setinggi 7 meter di Kampung Sukanagara, Desa Pagerwangi, Lembang, KBB longsor. Hasil assessment BPBD KBB, kontur tanah di Kampung Sukanagara labil sehingga rawan longsor. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan bencana longsor di Kampung Sukanagara, RT 4/8, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, dikarenakan tanah yang labil. Kondisi itu diperparah dengan hujan deras yang setiap hari mengguyur kawasan Lembang dengan durasi lama dan intensitas tinggi. 

"Hasil assessment di lokasi, longsor tersebut terjadi karena kontur tanah labil, ditambah dengan intensitas hujan yang tinggi," kata Kepala Pelaksana BPBD KBB Duddy Prabowo, Senin (15/11/2021).

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan karena masih berpotensi longsor susulan, ujar Duddy Prabowo, semua warga yang menghuni rumah di kawasan tersebut, terutama yang berada di bawah dan atas tebing, diminta mengungsi ke tempat aman. 

Duddy menyatakan, upaya pengamanan jangka panjang, harus ada langkah relokasi. Kalau mereka tetap tinggal di sana, khawatir ke depan terjadi longsor lagi yang bisa menimbulkan korban jiwa. 

Hasil pengecekan juga memang harus ada upaya preventif, jangan sampai masyarakat menganggap ini biasa. "Ini kejadian tidak biasa dan harus diantisipasi dari sekarang. Lebih baik mencegah daripada harus terjadi dulu baru dilakukan penanganan," ujar Duddy. 

Kepala Pelaksana BPBD KBB menuturkan, kondisi cuaca ekstrem imbas dari fenomena La Nina kali ini harus diwaspadai. Di awal musim penghujan saja intensitas hujan sangat tinggi dan banyak menimbulkan bencana. Padahal puncak musim penghujan diprediksi baru akan terjadi pada Januari mendatang. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: