Longsor dan Banjir Bandang Terjang 8 Desa di KBB, Puluhan Rumah Terdampak

Adi Haryanto ยท Rabu, 03 November 2021 - 13:20:00 WIB
Longsor dan Banjir Bandang Terjang 8 Desa di KBB, Puluhan Rumah Terdampak
Warga Lembang, KBB, mulai membersihkan material tanah longsor yang merusak rumah mereka setelah hujan deras yang turun sepanjang Selasa (2/11/2021) siang hingga malam. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Hujan deras yang melanda Kabupaten Bandung Barat (KBB) selama dua hari berturut-turut telah mengakibatkan longsor dan banjir bandang di berbagai tempat. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB, laporan bencana terjadi di delapan desa dan tujuh kecamatan. 

Akibat bencana alam tersebut, puluhan rumah terdampak material tanah longsor atau terendam banjir, di antaranya tiga rumah rusak berat.

Kejadian longsor pertama terjadi di Kampung Lebak Muncang, RT 1/7, Desa Cinta Karya, Kecamatan Sindangkerta yang menyebabkan rumah milik Dani Ramdani rusak parah. Di Kampung Cidadap Desa Mekarwangi, Kecamatan Sindangkerta, satu rumah rusak sedang, dua rumah terancam, dan jalan lingkungan terputus. 

Banjir bandang juga terjadi di Sungai Cidadap Kecamatan Gununghalu, yang menyebabkan 12 rumah dan satu pondok pesantren terendam banjir. Di Kecamatan Rongga tebing longsor setinggi 30 meter dan lebar 25 meter menyebabkan akses jalan tertutup dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: