Lawan Laju Sedimentasi Waduk Saguling, Dirut Indonesia Power Perintahkan Ini

Adi Haryanto ยท Rabu, 19 Januari 2022 - 21:47:00 WIB
Lawan Laju Sedimentasi Waduk Saguling, Dirut Indonesia Power Perintahkan Ini
Waduk Saguling. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Direktur Utama (Dirut) Indonesia Power M Ahsin Sidqi mengatakan penghijauan di beberapa DAS Citarum dinilai sebagai langkah paling efektif melawan laju sedimentasi di Waduk Saguling. Penghijauan juga diharapkan agar usia waduk sebagai sumber bahan baku utama Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), lebih lama. 

"Saya kira cara melawan sedimentasi ini dengan penghijauan. Pepohonan akan menahan erosi di daerah aliran sungai yang tidak terawat," kata Dirut Indonesia Power di sela kegiatan penanaman pohon perdana Hutan Tanaman Energi (HTE) di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (19/1/2022).

M Ahsin Sidqi menilai, kondisi Sungai Citarum dan Waduk Saguling bakal membaik jika program penanaman pohon terus digalakkan. Hasil positif akan tercapai beberapa tahun ke depan. Apalagi jika program ini didukung masyarakat.

"Saya janjikan ini (kondisi Sungai Citarum dan Waduk Saguling) bakal membaik jika program tanam pohon didukung masyarakat. Citarum ini kan isu internasional, kami terus perbaiki," ujarnya. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: