Diduga Lahan Berpindah Tangan, Petani Penggarap di Bantaran Waduk Saguling KBB Terusir

Adi Haryanto ยท Jumat, 17 Desember 2021 - 17:14:00 WIB
Diduga Lahan Berpindah Tangan, Petani Penggarap di Bantaran Waduk Saguling KBB Terusir
Lahan tidur milik PT Indonesia Power yang berbatasan dengan venue ski air di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, KBB, disinyalir sudah berpindah tangan. (Foto: MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Petani penggarap lahan tidur di kawasan bantaran Waduk Saguling milik PT Indonesia Power (IP) di sekitar kawasan Kota Baru Parahyangan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kehilangan mata pencaharian. Mereka harus terusir lantaran lahan garapanyang selama bertahun-tahun digarap sudah berpindah tangan.

Seperti yang dialami oleh salah seorang petani asal Seketando, Desa Cangkorah, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Adang (56). Kini hanya bisa gigit jari karena lahan pertanian yang digarapnya hampir puluhan tahun diklaim dimiliki oleh seseorang.

"Saya sudah 20 tahun lebih bertani mengarap lahan tidur di bantaran waduk Saguling milik PT Indonesia Power. Apa saja yang bisa ditanam dan dipanen saya olah, buat menghidupi keluarga daripada tanahnya gak keurus," tuturnya, Jumat (17/12/2021).

Namun baru-baru ini dirinya tidak bisa lagi menggarap lahan tidur milik PT IP itu karena telah dikuasai orang yang mengklaim telah membeli lahan garapan tersebut. Dirinya tidak mengetahui persis bagaimana bisa tanah tersebut diperjualbelikan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: