Dispernakan KBB Pastikan Kualitas Air Aman dan Ikan Waduk Saguling Layak Konsumsi

Adi Haryanto · Rabu, 05 Januari 2022 - 22:10:00 WIB
Dispernakan KBB Pastikan Kualitas Air Aman dan Ikan Waduk Saguling Layak Konsumsi
Budidaya ikan tawar di Waduk Saguling, KBB. (Foto: ISTIMEWA)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) memastikan ikan dari Waduk Saguling masih aman dan layak dikonsumsi. Kepastian itu diperoleh setelah Dispernakan KBB memeriksa sampel air Waduk Saguling dan ikan yang dibudidayakan di kolam jaring apung (KJA).

"Sampai saat ini hasil uji sampel ikan dari beberapa tempat budidaya KJA di Waduk Saguling menunjukkan ambang batas aman. Jadi ikannya, masih layak dikonsumsi," kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) KBB Unang Husni Thamrin, Rabu (5/1/2022).

Unang menyatakan, kondisi air Waduk Saguling di KBB masih bagus untuk pembibitan perikanan dan budidaya kolam jaring apung (KJA). Untuk itu masyarakat tidak perlu khawatir ketika mengonsumsi ikan produksi dari Waduk Saguling. 

Dispernakan KBB, ujar Unang, selalu memonitor kualitas air Waduk Saguling melalui uji sampel secara berkala. Hal tersebut untuk menjamin mutu ikan agar aman dikonsumsi karena terkait dengan kesehatan dan keamanan ikan, serta yang mengonsumsinya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: