Lawan Kekerasan Seksual, Atalia Praratya: Korban Harus Berani Melapor dan Punya Proteksi Diri 

Agung Bakti Sarasa · Selasa, 27 September 2022 - 16:34:00 WIB
Lawan Kekerasan Seksual, Atalia Praratya: Korban Harus Berani Melapor dan Punya Proteksi Diri 
Atalia Praratya, istri Gubernur Jabar, berdialog dengan mahasiswa baru UBK dalam talkshow Anti Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi di UBK, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (27/9/2022). (FOTO: AGUNG BAKTI SARASA)

BANDUNG, iNews.id - Maraknya tindak kekerasan seksual menjadi perhatian Atalia Praratya, istri Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Sebab, kekerasan seksual bukan hanya terjadi di masyarakat umum, tetapi juga kerap di dalam rumah dan institusi pendidikan.

Atalia Praratya mengatakan, akhir-akhir ini, kekerasan seksual sering terjadi di sekolah, pesantren, bahkan lembaga keagamaan, tak terkecuali di lingkungan kampus.

Kasus yang muncul ke permukan, kata Atalia Praratya, karena mereka yang menjadi korban berani melapor. Perempuan yang akrab disapa Bu Cinta itu mengaku sulit membayangkan berapa banyak yang tidak melapor. Sebab data terkait tindakan kekerasan seksual sudah cukup tinggi.

"Jadi kasus-kasus kekerasan seperti di kampus itu tidak saja dilakukan oleh teman, pacar, atau bisa jadi dilakukan oleh orang-orang yang dianggap lebih superior, seperti dosen bahkan rektor," kata Atalia usai mengisi talkshow bertajuk Anti Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi di Universitas Bhakti Kencana (UBK), Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (27/9/2022).

Untuk melawan segala bentuk kekerasan seksual, ujar Atalia, pentingnya proteksi diri mengingat kekerasan seksual tidak hanya menyasar perempuan, namun laki-laki pun bisa menjadi korban.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: