Kuota Haji Indonesia Terbesar di Dunia, Kemenag Harus Dukung Ekosistem Ekonomi Tanah Air

Agus Warsudi ยท Minggu, 13 November 2022 - 14:48:00 WIB
Kuota Haji Indonesia Terbesar di Dunia, Kemenag Harus Dukung Ekosistem Ekonomi Tanah Air
Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily jadi narasumber di acara Jamarah. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Indonesia merupakan pengirim jemaah haji terbesar di dunia dengan kuota sebesar 100.051 orang setiap tahun. Besarnya kuota haji tersebut harus diiringi dengan manfaat ekonomi bagi pelaku usaha Tanah Air.

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Jabar Tubagus Ace Hasan Syadzily di acara Jagong Masalah Umrah dan Haji (Jamarah) Provinsi Jawa Barat 2022 Angkatan II di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Minggu (13/11/2022).

Selain Kang Ace, hadir pula dalam acara itu, Kepala Kemenag Kabupaten Bandung Abdulrohim dan puluhan peserta kepala kantor urusan agama (KUA) dan penyuluh se-Kabupaten Bandung.

Kementerian Agama (Kemenag), kata Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily, harus mendorong dan mendukung terciptanya ekosistem ekonomi haji dengan memanfaatkan produk-produk dalam negeri bagi jemaah haji Indonesia.

“Jadi jangan sampai, misalnya, sayur-sayuran dan ikan patin dari Thailand. Kemudian, beras dari Vietnam. Jadi ini (ekosistem ekonomi haji) harus ada komitmen politik untuk mendorong agar dana haji ini kembali ke kita (Indonesia) juga” kata Kang Ace.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: