Kronologi Si Kembar Trena-Treni Terpisah 20 Tahun, Dipertemukan lewat TikTok

Asep Juhariyono ยท Senin, 19 Oktober 2020 - 16:45:00 WIB
Trena Mustika (24) menunjukkan foto saudara kembarnya Treni setelah 20 terpisah. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

TASIKMALAYA, iNews.id – Dua saudari kembar Trena Mustika (24) dan Treni Fitriana (24) akhirnya bertemu setelah 20 tahun lamanya mereka terpisah. Pertemuan saudarai kembar asal Kota Tasikmalaya, Jawa Barat itu pun seolah tak sengaja melalui aplikasi TikTok dan kini viral di media sosial, Senin (19/10/2020).

Kisah ini berawal saat Enceng Dedi dan Enok Rohaenah, orang tua Trena Mustika dan Treni Fitriana mengikuti program pemerintah transmigrasi ke Ambon, Maluku. Saat melahirkan anak ketujuh, ternyata lahir dan diberi nama Trena dan Treni.

Karena khawatir terjadi sesuatu, orang tua Trena-Treni percaya bahwa anak kembar akan meninggal jika tidak dipisahkan. Mereka lalu menitipkan Trena kepada tetangganya, Ustaz Ibrahim yang saat ini tinggal di Garut.

Sedangkan Treni dititipkan kepada pasangan Misranto dan Rini asal Blitar, Jawa Timur. Saat itu, Trena-Treni baru berumur dua bulan.

Treni Mustika bersama orang tuanya tampak bahagia setelah bertemu dengan saudara kembarnya Treni. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)
Treni Mustika bersama orang tuanya tampak bahagia setelah bertemu dengan saudara kembarnya Treni. (Foto: iNews/Asep Juhariyono)

Dua tahun kemudian, Enok Rohaenah kembali melahirkan anak kesembilannya dan dibawa ke Rumah Sakit Ambon, Maluku untuk proses lahiran. Saat proses kelahiran anak bungsunya itu, terjadi kerusuhan di Kota Ambon. Keluarga Enceng Dedi memutuskan kembali ke Kota Tasikmalaya dengan membawa semua anaknya termasuk Trena.

Namun Treni justru dibawa oleh orang tua asuhnya, Misranto dan Rini ke Blitar, Jawa Timur, tanpa sepengetahuan kedua orang tua kandungnya, Enceng Dedi-Enok Rohaenah.

Orang tua kandung Treni juga tidak tahu alamat jelas Misranto dan Rini sehingga akhirnya kembang Trena dan Treni tidak pernah bertemu lagi selama 20 tahun.

Editor : Kastolani Marzuki