Kok Bisa, Limbah Medis Berserakan di TPA Ciniru Kuningan

Wisnu Yusep ยท Selasa, 27 April 2021 - 13:21:00 WIB
Kok Bisa, Limbah Medis Berserakan di TPA Ciniru Kuningan
Limbah medis tampak berserakan di TPA Ciniru, Kabupaten Kuningan. Padahal, sampah tersebut termasuk limbah B3 yang harus mendapat penanganan khusus. (Foto: iNews.id/Wisnu Yusep)

KUNINGAN, iNews.id – Limbah bekas penangan medis dari rumah sakit ditemukan berserakan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Penemuan limbah medis ini hasil penelurusan MNC Portal Indonesia di TPA Ciniru pada Selasa (27/4/2021) pagi. 

Bedasarkan pengamatan, limbah kategori B3 itu berserakan di sejumlah titik. Titik pertama berada di pinggir jalan pintu masuk TPA Ciniru, dengan jenis sampah yang terdiri dari sarung tangan, masker, kantong infus, kardus obat dan tempat bekas jarum suntik.

Tak hanya di situ, bekas limbah medis juga ditemukan beberapa meter dari titik pertama. Hanya saja, bekas limbah medis itu tak sebanyak seperti temuan awal. Di titik kedua bekas limbah medis itu hanya masker dan bekas kardus obat.

Kemudian bekas limbah medis itu juga ditemukan dekat tempat pemerataan sampah rumah tangga. Salah seorang pemulung mengakui sering kali menemukan hal serupa di TPA tersebut.   

"Ada, kan memang diturunin (dibuang) di sini. Kalau turun lima kontener , gak nentu, biasanya pagi kadang siang," kata Saniah (65), seorang pemulung di TPA Ciniru saat ditemui MNC Portal Indonesia.

Limbah medis yang dibuang, kata dia, terdiri dari bekas botol infus, jarum suntik, sarung tangan, masker dan bekas kardus obat. Limbah medis itu bercampur dengan sampah rumah tangga.

"Ada di sini karena dibuang di sini, gak tau kalau gak melibatkan pihak ketiga (pengelolan bekas limbah medis), kadang jarum suntik juga ada, kalau turun ya di sini," kata Saniah sambil menunjuk ke arah bongkaran mobil.

Saniah mengaku tidak mengetahui secara pasti apakah bekas limbah medis itu, merupakan bekas penanganan Covid-19. "Gak tahu, tapi memang limbah-limbah medis itu dibuang di sini, udah lama," kata dia.

Editor : Asep Supiandi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: