Keterlibatan RT dan RW di PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus Covid-19

Adi Haryanto ยท Sabtu, 20 Februari 2021 - 17:12:00 WIB
Keterlibatan RT dan RW di PPKM Mikro Efektif Tekan Kasus Covid-19
Kades Lembang Yono Maryono. (Foto: Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro hingga tingkat RW dan RT efektif menekan kasus penyebaran Covid-19. Masyarakat lebih patuh dan menghargai instruksi pemerintah yang diwakili kepala desa, RW dan RT yang merupakan tokoh di wilayah masing-masing. 

"Keterlibatan RT dan RW sangat efektif dalam pencegahan Covid-19. Warga kenal dengan mereka yang dianggap sebagai tokoh, sehingga pasti akan menghargai dan nurut akan instruksi yang disampaikan," kata Kepala Desa Lembang Yono Maryono, Sabtu (20/2/2021).

Selain itu, ujar Yono, RT dan RW sangat mengenal warganya dan tahu seluk beluk wilayah. Sehingga akan dengan cepat melakukan deteksi dini ketika ada yang terpapar. Termasuk saat ada orang luar yang datang dan menginap dikerabatnya, RT pasti punya catatannya. 

Terbukti, di Desa Lembang angka kasus Covid-19 mengalami penurunan yang sangat signifikan selama PPKM mikro diterapkan. Yono menyebutkan, sebagai daerah perkotaan dan wisata, di awal-awal kemunculan Covid-19 pada Maret 2020 angkanya angat tinggi. Tapi sekarang sudah berangsur turun.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2