Kerajaan Munggaran di Jawa Barat, Nyaeta? Tarumanagara

Agus Warsudi ยท Senin, 07 November 2022 - 15:34:00 WIB
Kerajaan Munggaran di Jawa Barat, Nyaeta? Tarumanagara
Prasasti Tugu (frame kiri) dan Prasasti Ciaruteun (kanan), dua dari delapan prasasti peninggalan Tarumanagara atau Kerajaan Tarum. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Kerajaan munggaran di Jawa Barat nyaeta? Kalimat pertanyaan dalam Bahasa Sunda ini jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti, kerajaan pertama atau awal di Jawa Barat, yaitu?

Jawaban untuk pertanyaan tersebut, berdasarkan catatan sejarah, kerajaan pertama di Jawa Barat adalah Tarumanagara atau Kerajaan Tarum. Nagara dalam Bahasa Sunda berarti kerajaan. Sedangkan Tarum merujuk kepada Sungai Citarum.

Dihimpun dari berbagai sumber, Tarumanagara merupakan kerajaan tertua kedua di Nusantara, setelah Kutai. Tarumanagara mencapai puncak kejayaan atau zaman keemasan saat dipimpin oleh Purnawarman pada abad V hingga awal VI Masehi. 

Kerajaan ini berdiri sekitar akhir abad III atau awal abad IV setelah runtuhnya Salakanagara atau Kerajaan Perak. Jadi sebelum Tarumanagara, di wilayah Jawa bagian barat telah berdiri Salakanagara atau Kerajaan Perak. Salakanagara diperkirakan berdiri antara abad I-II Masehi atau 130-131 Masehi.

Namun Salakanagara tidak sebesar, semakmur, semashur, dan sejaya Tarumanagara. Salakanagara dipimpin oleh Dewawarman. Letak Salakanagara atau Kerajaan Perak pun masih menjadi perdebatan sampai saat ini. 

Ada yang menyebut Salakanagara berada di Pandeglang, hingga Merak, Banten. Hal ini merujuk kepada nama Pandeglang yang merupakan paduan dua kata Bahasa Sunda, pande dan geulang, artinya, pembuat gelang. Sedangkan Merak diartikan sebagai perak.
 
Sebagian pakar menduga Salakanagara berada di kaki Gunung Salak yang berada di antara dua wilayah Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Dugaan Salakanagara berada di kaki Gunung Salak karena nama Salaka.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: