Kematian Ikan Massal di Waduk Cirata Meluas hingga Purwakarta dan KBB

Didin Jalaludin ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 18:07:00 WIB
Kematian Ikan Massal di Waduk Cirata Meluas hingga Purwakarta dan KBB
Kematian ikan secara massal meluas di Waduk Cirata. Tidak hanya terjadi di Cianjur melainkan juga melanda Kabupaten Bandung Barat dan Purwakarta. (Foto: iNews.id/Didin Jalaludin)

PURWAKARTA, iNews,id - Kematian ikan secara massal semakin meluas di perairan Waduk Cirata, Jawa Barat. Tidak hanya terjadi di Cianjur, namun juga melanda perairan Waduk Cirata yang masuk wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Purwakarta.

Berdasarkan pantauan, ikan yang mati massal terjadi pada jenis ikan mas dan nila, baik berukuran kecil maupun yang sudah siap panen. Menurut para petani kematian ikan sudah terjadi sejak dua hari terakhir. 

"Kematian ikan meluas dan jumlahnya sangat banyak, bisa mencapai ratusan ton," kata Ujang (34) salah seorang petani KJA Waduk Cirata yang berada di Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Kamis (21/10/2021). 

Menurutnya, fenomena ikan mati massal menurutnya adalah peristiwa yang sering terjadi. Namun kali ini banyak petani kecolongan. Seharusnya petani bisa mengantisipasi masalah tersebut dengan tidak membudidayakan ikan saat menghadapi musim hujan. 

"Untuk menysiasati kerugian lebih parah, sekarang banyak perani yang memilih menjual ikannya dengan harga di bawah standar. Sementara ikan yang mati diangkat ke darat dan ada juga yang dikeringkan dibuat ikan asin," ujar Ujang. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: