Ratusan Ton Ikan di Waduk Cirata Cianjur Mati Mendadak, Petambak Syok Berat

Mochamad Andi Ichsyan ยท Kamis, 21 Oktober 2021 - 15:09:00 WIB
Ratusan Ton Ikan di Waduk Cirata Cianjur Mati Mendadak, Petambak Syok Berat
Bangkai ikan mengambang di kolam KJA Waduk Cirata, Cianjur. Petani hanya bisa pasrah dengan kerugian yang diderita cukup besar itu. (Foto: iNewsTv/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Ratusan ton ikan di keramba jaring apung (KJA) di Waduk Cirata, Cianjur, mati medadak, Kamis (21/10/2021). Fenomena ini akibat umbalan (endapan pakan dari dasar naik ke permukaan) itu menyebabkan para petambak syok karena merugi hingga miliaran rupiah.

Terpantau, salah satu lokasi kematian ikan secara massal terjadi di Waduk Cirata, Desa Bojong, Kecamatan Mande, Cianjur. Ratusan ton ikan tak kuat bertahan lama lantaran kehabisan oksigen. Tak lama kemudian ikan pun mati sebelum petambak memanennya.

Ikan yang mati massal akibat fenomena itu umumnya dari jenis mas dan bawal. Peristiwa tersebut terjadi begitu cepat dalam sepekan terakhir.

Tak heran bangkai ikan mengambang dan memenuhi setiap kolam KJA di perairan itu. Bau tak sedap pun tercium dari bangkai ikan yang belum di angkat dari perairan. 

Para petambak hanya bisa pasrah melihat ikan hasil budi dayanya tidak bisa dipanen. Banyak di antara mereka syok dengan kerugian yang diderita terbilang sangat besar. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: