Kasus Upal Rp2,3 Miliar di Garut, Pelaku Produksi dengan Akurasi Tinggi

fani ferdiansyah ยท Senin, 21 November 2022 - 07:51:00 WIB
Kasus Upal Rp2,3 Miliar di Garut, Pelaku Produksi dengan Akurasi Tinggi
Polisi mengamankan barang bukti kasus peredaran uang palsu total di Garut, Minggu (20/11/2022). (Foto: iNews.id/Fani Ferdiansyah)

GARUT, iNews.id - Terungkap fakta mencengangkan dari kasus uang palsu (palsu) yang terbongkar di Kabupaten Garut. Upal sebanyak Rp2,3 miliar itu dicetak dengan akurasi cukup tinggi hingga 90 persen.

Hasil penyelidikan polisi, miliaran uang palsu yang diproduksi oleh tersangka DF dibuat, seperti dari mulai kertas hingga tekstur serta warna yang nyaris mirip dengan uang asli. 
 
Kasat Reskrim Polres Garut AKP Dede Sopandi menjelaskan, perbedaan uang palsu buatan DF yang sehari-hari bekerja sebagai tukang sablon ini dengan uang asli hanya bisa terlihat dari alat sinar ultraviolet (UV). Dengan alat ini, uang dapat dilihat keasliannya melalui nomor seri yang muncul. 

"Kalau uang palsu, nomor serinya tidak akan muncul jika diperiksa menggunakan alat pengecek ultraviolet, sementara yang asli akan mudah muncul dan terlihat. Walau demikian, tingkat akurasinya secara manual itu tetap tinggi, mengingat secara tekstur bahan, fisik, dan secara kasat mata tidak bisa dibedakan mana yang asli dan mana yang palsu," ujar AKP Dede Sopandi, Minggu (20/11/2022). 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: