KA Tabrak Avanza Rombongan Ketua Dusun di Pelintasan Cikaso Sukabumi, 5 Luka-luka

Dharmawan Hadi ยท Minggu, 25 September 2022 - 11:36:00 WIB
KA Tabrak Avanza Rombongan Ketua Dusun di Pelintasan Cikaso Sukabumi, 5 Luka-luka
Minibus Toyota Avanza sedang dievakuasi seusai ditabrak kereta api di pelintasan Kampung Cikaso RT 06/05 Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi. (Foto: iNews.id/Dharmawan Hadi)

SUKABUMI, iNews.id - Kereta Api (KA) Siliwangi jurusan Cipatat-Cianjur-Sukabumi menabrak sebuah minibus jenis Toyota Avanza di pelintasan tanpa penjagaan, Kampung Cikaso RT 06/05 Desa Bencoy Kecamatan Cireunghas, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (24/9/2022). Sebanyak lima orang dievakuasi ke RSUD R Syamsudin SH Kota Sukabumi. 

Ketua RW 05, Ajat, mengatakan, kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 22.30 WIB, yang merupakan jadwal terakhir KA Siliwangi melintas di wilayah itu. 

"Kereta Api Siliwangi melintas di sini enam kali sehari. Kejadian menabrak Avanza itu ketika jadwal kereta terakhir dari Cianjur akan menuju ke stasiun Sukabumi. Semalam warga dikejutkan dengan suara benturan yang keras, ketika keluar rumah terlihat mobil Avanza rusak tertabrak kereta," ujar Ajat kepada MNC Portal Indonesia. 

Lebih lanjut Ajat mengatakan, biasanya warga mendengar suara klakson kereta berulang-ulang ketika sebelum melintas pelintasan tanpa penjagaan tersebut. Namun pada malam nahas itu warga tidak mendengar suara klakson dari KA Siliwangi dan hanya mendengar suara benturan keras. 

"Kalau siang sama warga dijaga, kalau malam mah mungkin sudah pada tidur. Ya kita berharap PT KAI memasang palang pintu, karena ini jalan hidup (banyak kendaraan yang melintas). Untuk kejadian seperti ini (tertabrak kereta api) baru pertama kali di sini," ujar Ajat. 

Sementara itu, Kapolsek Cireunghas, Ipda Hendrayana menuturkan kronologi kejadian tersebut berawal dari satu keluarga yang berjumlah 5 orang dengan menggunakan minibus Toyota Avanza warna Merah nopol F 1209 YF hendak pulang ke rumahnya setelah silaturahmi dengan keluarganya di Bandung. 

"Korban merupakan warga Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur, yang akan pulang ke rumahnya. Namun ketika akan melewati pelintasan rel kereta api, bagian depan kendaraan sudah berada di tengah rel. Tiba-tiba Kereta Api Siliwangi datang dan tabrakan pun terjadi," ujar Hendra. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: