Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan, Mampu Mengairi 3.000 Ha Sawah di 3 Kabupaten

Dita Angga ยท Selasa, 31 Agustus 2021 - 15:58:00 WIB
Jokowi Resmikan Bendungan Kuningan, Mampu Mengairi 3.000 Ha Sawah di 3 Kabupaten
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). (Foto Tangkapan layar)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (31/8/2021). Bendungan yang dibangun selama tujuh tahun dengan biaya Rp513 miliar ini mampu mengairi hingga 3.000 hektare persawahan.

“Dengan mengucap bismillahirohmanirohim, Bendungan Kuningan di Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat saya resmikan,” kata Jokowi.

Presiden mengatakan, saat ini Bendungan Kuningan sudah siap untuk difungsikan dengan kapasitas tampung 25,9 juta meter kubik.

Bendungan ini akan menyuplai air secara kontinyu, menyediakan air pertanian irigasi bagi 3.000 hektare sawah masyarakat di Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Brebes," katanya.

Jokowi menyebutkan, jika suplai air untuk irigasi ini terus terjaga, maka produktivitas pertanian akan meningkat. Dari panen yang sebelumnya satu kali setahun, diharapkan bisa menjadi dua atau tiga kali setahun.

"Diharapkan dapat meningkatkan produksi dan berdampak pada kesejahteraan petani kita," ujarnya.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: