Jembatan Jembalas Swadaya Warga KBB Jadi Fenomena Bisnis Menggiurkan

Adi Haryanto ยท Sabtu, 01 Januari 2022 - 16:57:00 WIB
Jembatan Jembalas Swadaya Warga KBB Jadi Fenomena Bisnis Menggiurkan
Warga menggunakan Jembatan Jembalas yang menghubungkan Batujajar dan Cihampelas di KBB. Jembatan ini menjadi salah satu alternatif jalan lebih cepat bagi warga untuk melintas daripada lewat jalan biasa. (Foto/MPI/Adi Haryanto)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Keberadaan genangan Waduk Saguling yang airnya bersumber dari Sungai Citarum menyebabkan sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung Barat (KBB) terendam. Kondisi itu membuat aksesibilitas warga menjadi terhambat.

Sebab jika sebelumnya mereka bebas beraktivitas, namun ketika ada genangan air maka harus mengambil jalan memutar atau melewati jembatan penyeberangan. 

Sehingga tidak sedikit bermunculan bisnis jembatan kayu yang digagas oleh warga setempat untuk memudahkan akses masyarakat. Sebab bisnis tersebut bisa menghasilkan keuntungan yang lumayan besar. 

Beberapa jembatan kayu yang ada di wilayah KBB seperti jembatan Jubang, yang menghubungkan Kampung Cibacang dengan Kota Baru Parahyangan, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang. Jembatan Sasak Bodas di Cangkorah-Seketando, dan jembatan Surapatin di Batujajar-Surapatin.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: