Jelang Ramadhan, Tim Satgas Pangan Polres Cimahi Siap Tindak Tegas Spekulan

Adi Haryanto ยท Sabtu, 27 Maret 2021 - 15:53:00 WIB
Jelang Ramadhan, Tim Satgas Pangan Polres Cimahi Siap Tindak Tegas Spekulan
Jelang Ramadhan, ketersediaan bahan kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional di Kota Cimahi masih aman dan tidak ada kenaikan harga signifikan. (Foto: Dokumentasi)

CIMAHI, iNews.id - Menjelang Ramadhan 1442 Hijriah, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Cimahi melakukan pengawasan harga, ketersediaan, dan pasokan bahan kebutuhan pokok masyarakat di sejumlah pasar. Ini dilakukan sebagai antisipasi munculnya para spekulan menimbun barang dan mempermainkan harga untuk mendapatkan keuntungan tinggi. 

"Menyongsong bulan puasa, kami akan melakukan penindakan hukum terhadap spekulan atau kartel yang menyebabkan terjadinya kelangkaan bahan pangan dan kenaikan harga yang tidak rasional," kata Kasatreskrim Polres Cimahi AKP Yohannes Redhoi Sigiro, Sabtu (27/3/2021).

Larangan menimbun sembako atau barang kebutuhan pokok, ujar AKP Yohannes Redhoi, diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan. Pasal 107 menyatakan bagi pelaku usaha yang menyimpan barang kebutuhan pokok atau barang penting dalam jumlah dan waktu tertentu saat terjadi kelangkaan barang, gejolak harga, atau hambatan lalu lintas perdagangan barang, maka diancam hukuman pidana.

AKP Yohannes Redhoi mengemukakan, berdasarkan pengamatan Satgas Pangan Polres Cimahi, kurang dari sebulan menjelang ramadan Satgas Pangan Polres Cimahi memastikan jika ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional masih aman. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2