Jelang Musim Hujan, Pemkot Bandung Keruk 48 Daerah Aliran Sungai

Arif Budianto · Jumat, 17 September 2021 - 13:06:00 WIB
Jelang Musim Hujan, Pemkot Bandung Keruk 48 Daerah Aliran Sungai
Pemkot Bandung mulai mengeruk daerah aliran sungai menjelang musim hujan. (Foto: Ilutrasi)

BANDUNG, iNews.id -  Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mulai mengantisipasi genangan air menjelang datangnya musim hujan. Salah satunya rutin memelihara 48 Daerah Aliran SUngai (DAS) saat musim kemarau. 

Selain itu, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung juga bersiaga selama 24 jam mengantisipasi datangnya musim hujan.

"Awal tahun renovasi kirmir, saluran perbaikan dan sejenisnya. Kemarin sudah mapag hujan, pengerukan sedimen dan sampah di titik-titik banjir. Kita lakukan di banyak lokasi hingga ratusan titik," ucap Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Yul Zulkarnaen, Jumat (17/9/2021).

Yul menuturkan, pengerukan sedimentasi dan pengangkutan sampah menjadi hal yang rutin dilakukan. Sebab, masih saja banyak masyarakat belum tetap membuang sampah ke sungai. Utamanya barang-barang non organik yang kerap ditemui dengan ukuran sangat besar.

Menurut Zul, pengangkutan sampah dan pengerukan sedimentasi menjadi langkah sangat efektif untuk mengurangi terjadinya luapan air saat datang musim hujan. Karena membuat air sungai mengalir lebih lancar dari hulu ke hilir.

"Pengerukan sedimen berpengaruh sekali. Rutin dilakukan di titik tertentu. Kita pantau kalau sedimennya, jika sudah tinggi kita keruk. Setahun bisa empat atau lima kali," ujarnya.

Yul memaparkan, saat ini hanya tinggal 10 titik yang masuk dalam daftar pemantauan ketat lantaran kerap terjadi luapan air sungai saat musim hujan tiba. Sebelumnya, di Kota Bandung ini tak kurang dari 68 titik kerap terjadi genangan air cukup tinggi.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: