Jejak Sejarah Perjuangan Bangsa Bertebaran di Cimahi, Kenangan bagi Generasi Penerus

Adi Haryanto ยท Selasa, 10 November 2020 - 17:44:00 WIB
Jejak Sejarah Perjuangan Bangsa Bertebaran di Cimahi, Kenangan bagi Generasi Penerus
Pusat Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Militer Cimahi salah satu jejak sejarah pendudukan Belanda di Indonesia. Foto/Cimahi Heritage

CIMAHI, iNews.id - Sebagai kota militer, Cimahi, Jawa Barat memiliki sejarah panjang perjuangan di masa penjajahan Belanda dan Jepang. Saksi bisu perjalanan sejarah bangsa banyak yang masih berdiri kokoh dan menjadi heritage bagi generasi muda saat ini dan mendatang.

Keberadaan markas dan pusat pendidikan (pusdik) militer di Kota Cimahi menegaskan wilayah yang berada di bagian barat Kota Bandung ini menjadi basis pertahanan di masa penjajahan. Tidak hanya itu, rumah sakit, gedung hiburan, dan jalur kereta api juga terintegrasi di Cimahi.

Itu menunjukkan jika pemerintah kolonial Belanda saat itu membangun Cimahi menjadi wilayah lengkap. Mulai dari sektor transportasi kereta api, rumah sakit, penjara, tempat hiburan, sarana olahraga kolam renang, hingga tempat permakaman.

Tengok saja bangunan Rumah Sakit Dustira, Bioskop Rio, Gedung Sudirman (The Historic), Penjara Militer Poncol, Kolam Renang Berglust, dan Makam Kerkhof (Ereveld). Semuanya dibangun dengan gaya arsitektur Belanda. Semua tidak usang dimakan perubahan zaman dan dilestarikan.

Pegiat sejarah Cimahi sekaligus Ketua Komunitas Tjimahi Heritage Machmud Mubarok mengatakan, Cimahi memang memiliki jejak panjang sejarah perjuangan yang dimulai sejak jaman kolonialisme, zaman pendudukan Jepang, hingga revolusi perang kemerdekaan. Beberapa pertempuran besar bahkan sempat terjadi di Cimahi.

"Cimahi itu kental dengan nilai historis walau ada beberapa yang tidak tercatat dalam sejarah. Seperti pertempuran skala besar dan berlangsung berhari-hari pernah terjadi di sini," kata Machmud, Selasa (10/11/2020).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: