Jawa Barat Peringkat Pertama Jumlah Kasus DBD pada 2021 di Indonesia

Antara ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 14:50:00 WIB
Jawa Barat Peringkat Pertama Jumlah Kasus DBD pada 2021 di Indonesia
Ilustrasi nyamuk penyebar DBD. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id - Provinsi Jawa Barat menempati peringkat pertama di Indonesia dengan jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) terbanyak pada 2021. Kasus DBD tertinggi di Jabar terdapat di Kota Bekasi dengan jumlah pasien 770 orang. 

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kemenkes Didik Budijanto mengatakan, sebanyak lima kota dan kabupaten di Indonesia mendominasi angka kasus penyakit DBD tertinggi.

"Ada peningkatan DBD. Biasanya siklus DBD turun, kemudian nanti naik lagi pada November, Desember. Puncaknya pada Maret atau April," kata Didik Budijanto, Kamis (29/7/2021).

Dia menyatakan, berdasarkan laporan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis Kemenkes di laman resmi Facebook P2PTVZ Kemenkes, Kota Bekasi, Jawa Barat, menduduki peringkat pertama kasus DBD sebanyak 796 orang.

Di peringkat kedua, ujar Didik, Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali sebanyak 770 kasus DBD. Di posisi ketiga Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) sebanyak 511 kasus. 

"Sedangkan Karawang, Jawa Barat di posisi empat sebanyak 494 kasus, dan Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta di posisi lima sebanyak 464 kasus," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3