Bupati Bandung dan Sahrul Gunawan Retak? Pengamat: Persoalan Klasik

Saufat Endrawan ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 14:20:00 WIB
Bupati Bandung dan Sahrul Gunawan Retak? Pengamat: Persoalan Klasik
Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan, saat mendampingi Menteri Pertanian di Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu. (iNewsTv/Saufat Endrawan)

BANDUNG, iNews.id - Pengamat Politik dan Tata Negara Universitas Nurtanio Bandung, Djamu Kertabudi menyoroti dugaan keretakan hubungan antara Bupati Bandung, M Dadang Supriatna dan Wakil Bupati, Sahrul Gunawan. Dugaan keretakan itu muncul setelah kedua pimpinan daerah itu sempat dikabarkan saling sindir di media sosial. 

"Persoalan seperti ini merupakan hal klasik. Sebenarnya sih terganggunya hubungan kedua belah pihak karena beberapa faktor, salah satunya masalah persepsi terhadap peraturan-peraturan. Tapi jika dikembalikan kepada aspek normatif tidak ada yang perlu dipersoalkan," kata Djamu, Kamis (29/7/2021).

Menurutnya, situasi seperti bisa dibicarakan di antara kedua pihak karena sudah jelas tugas kepala daerah dan wakil sebagaimana diatur dalam peraturan perundang undangan. Kondisi yang terjadi kemungkinan masalah mis komunikasi semata. 

Sementara itu, kondisi seperti itu terjadi di saat keduanya belum genap 99 hari bekerja. Banyak beredar spekulasi dugaan potensi keretakan itu akibat wakil bupati yang kurang mendapat tugas serta jarang dilibatkan dalam kegiatan di Pemkab Bandung.

Artis yang juga politik Partai NasDem, Sahrul Gunawan, digadang-gadangkan sudah lama menyimpan rasa kekesalan lantaran sebagai wakil bupati kurang mendapatkan tugas. Tak heran, dia jarang berada di ruang kerjanya dan menurut sumber dari stafnya Sahrul lebih banyak berada di rumah dinas.'

Terpantau, kegiatan terakhir Sahrul, yakni mendampingi kunjungan Menteri Pertanian saat panen padi di Kutawaringin, Kabupaten bandung. Kamis (29/7/2021) siang ini, pembahasan program 99 hari kerka Bupati Bandung bersama Forkopimda tanpa dihadiri Wakil Bupati, Sahrul Gunawan. Padahal kegiatan ini membahas apa yang sudah dikerjakan pasangan Bedas setelah dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bandung.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: