Pak Bhabin Dikerahkan sebagai Tracer Pasien Covid-19 di Kelurahan se-Kota Bandung

Agus Warsudi ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 13:29:00 WIB
Pak Bhabin Dikerahkan sebagai Tracer Pasien Covid-19 di Kelurahan se-Kota Bandung
Wakapolrestabes Bandung AKBP M Yoris Maulana Yusuf Marzuki. (Foto: iNews/Yuwono)

BANDUNG, iNews.id - Polrestabes Bandung mengerahkan 151 personel Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) atau Pak Bhabin untuk menjadi tracer alias pelacak pasien Covid-19. Mereka disebar ke 151 kelurahan yang tersebar di 30 kecamatan se-Kota Bandung.

Wakapolrestabes Bandung AKBP Muhammad Yoris Maulana Yusuf Marzuki mengatakan, tugas para Bhabinkamtibmas dan Bintara Pembina Desa (Babinsa) berkoordinasi dengan puskesmas di kecamatan dan kelurahan untuk mengetahui warga yang terinfeksi Covid-19. 

"Setelah itu para Pak Bhabin ini mendatangi dan melakukan pendataan. Selanjutnya mereka berkoordinasi dengan petugas puskesmas terkait perawatan medis bagi mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah," kata Yoris di Mapolrestabes Bandung di Jalan Merdeka, Kota Bandung.

AKBP M Yoris Maulana menyatakan, Pak Bhabin yang bertugas sebagai tracer akan mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat menyambangi para pasien Covid-19 untuk melindungi mereka dari infeksi virus Corona. "Mereka tidak bertugas sendiri tetapi didampingi Satgas Covid-19 kelurahan, termasuk di dalamnya Babinsa," ujarnya.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: