Jalan Kabupaten Longsor, Akses ke Road Upper Cisokan KBB Terputus

Adi Haryanto · Senin, 22 November 2021 - 20:14:00 WIB
Jalan Kabupaten Longsor, Akses ke Road Upper Cisokan KBB Terputus
Warga melintas di lokasi jalan kabupaten yang mengalami longsor di Desa Cinengah, Kecamatan Rongga, KBB, sehingga membuat tidak bisa lewat di jalur tersebut. (Foto: Istimewa)

BANDUNG BARAT, iNews.id - Jalan kabupaten longsor di Desa Cinengah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sampai saat ini masih menunggu penanganan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR).

Jalan yang hampir setengahnya longsor itu kini tidak bisa dilewati kendaraan roda empat, sedangkan motor masih bisa melintas meskipun harus ekstra hati-hati karena sebagian aspal jalannya juga sudah mengalami retak-retak. 

"Kami sudah laporkan kejadian jalan yang mengalami longsor yang ada di Desa Cinengah itu ke BPBD. Untuk penanganannya nanti oleh PUPR, karena kan jalan kabupaten," kata Camat Rongga Agus Rudianto, Senin (22/11/2021).

Agus mengatakan, keberadaan jalan tersebut cukup vital karena menjadi salah satu akses utama yang dipakai warga sehari-hari untuk beraktivitas. Terutama bagi warga Desa Cinengah dan Desa Sukaresmi yang ingin melintas melalui jalur Pasir Angin ke Datarmala ke akses Road Upper Cisokan.

Imbas jalan yang mengalami longsor terasebut, maka aktivitas warga pengguna kendaraan roda empat harus menggunakan jalan lain yang memutar cukup jauh. Yakni melalui jalan yang mengarah ke Cibitung kemudian ke Cililin yang selisih waktunya bisa mencapai 20-30 menit saat kondisi padat kendaraan. 

"Penyebab longsor karena curah hujan tinggi di daerah tersebut, serta labilnya tanah akibat adanya retakan di sekitar lokasi sehingga air masuk dan membuat tanah jadi jenuh," katanya. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: