Jalan Cianjur-Sukabumi Putus Diterjang Longsor, Normalisasi Masih Secara Manual

Antara ยท Rabu, 03 November 2021 - 18:44:00 WIB
Jalan Cianjur-Sukabumi Putus Diterjang Longsor, Normalisasi Masih Secara Manual
Longsor menerjang Kecamatan Takokak, Cianjur. Akibatnya, jalur penghubung Cianjur-Sukabumi terputus. (Foto: Antara)

CIANJUR, iNews.id - Jalan penghubung Kabupaten Cianjur-Sukabumi di Kecamatan Takokak, Cianjur, terputus, Rabu (3/11/2021). Terputusnya jalan tersebut akibat longsor setelah hujan deras melanda kawasan itu selama lima hari berturut-turut.

Camat Takokak Budi Rahayu, mengatakan, longsor yang melanda enam desa di Kecamatan Takokak, juga menyebabkan jalan penghubung antarkampung dan desa ambles di sejumlah titik. Bahkan yang 20 lebih rumah warga rusak akibat longsor dan ratusan rumah terancam terkena dampak juga .

Akibat jalan penghubung kabupaten putus, aktivitas warga di perbatasan Cianjur dan Kabupaten Sukabumi terhambat dan harus menunggu alat berat untuk membuka kembali  jalan itu.

"Kami masih melakukan pendataan, baru masuk laporan sementara sekitar 20 rumah rusak akibat longsor, mulai dari rusak ringan hingga berat. Area persawahan juga banyak dilaporkan tertimbun longsor yang terjadi nyaris bersamaan sejak dua hari terakhir," katanya.

Dia menjelaskan, untuk jalan penghubung antarkabupaten yang putus akibat longsor tepatnya di Desa Sindanghayu yang menghubungkan Cianjur dengan Kecamatan Sagaranten-Sukabumi, akibat tanah tebing setinggi 50 meter longsor dan materialnya menutup sebagian besar landasan jalan, sehingga tidak dapat dilalui kendaraan.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, untuk menurunkan alat berat karena tebal dan panjangnya longsor yang menutup akses kendaraan dari Cianjur atau sebaliknya dari Sukabumi.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: