Jalan Antardesa Ambles Akibat Pergerakan Tanah, 1.000-an Warga Cianjur Terisolasi

Mochamad Andi Ichsyan ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 22:26:00 WIB
Jalan Antardesa Ambles Akibat Pergerakan Tanah, 1.000-an Warga Cianjur Terisolasi
Jalan yang menghubungkan Desa Rawa Belut dan Batulawang ambles akibat pergerakan tanah. (Foto: iNews/Mochamad Andi Ichsyan)

CIANJUR, iNews.id - Jalan penghubung antardesa ambles sedalam dua meter akibat pergerakan tanah di Kampung Sindang Langu, Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Selain jalan ambles pergerakan tanah juga membuat enam rumah warga rusak dan 15 lainnya terancam.

Pergerakan tanah itu dipicu oleh intensitas curah hujan yang tinggi. Akibat ambles, jalan penghubung dua desa, yakni Rawa Belut dengan Batu Lawang, terputus.

Selain penghubung dua desa, jalan tersebut juga merupakan jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Cianjur dengan Bogor. Bahkan selain merusak akses jalan, akibat pergerakan tanah juga membuat enam rumah warga rusak dan 15 rumah lainnya terancam.

Kepala Desa Batulawang Nanang Rohendi mengatkaan, bencana pergerakan tanah ini bukanlah yang pertama kali, tetapi sering terjadi. "Setiap intensitas hujan tinggi, pergerakan tanah pasti terjadi. Tahun ini merupakan bencana pergerakan tanah terparah dari sebelumnya," kata Nanang.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: