Pascalongsor Cilawu Garut, Pergerakan Tanah Masih Menghantui Warga

Ii Solihin · Senin, 15 Februari 2021 - 21:00:00 WIB
Pascalongsor Cilawu Garut, Pergerakan Tanah Masih Menghantui Warga
Rumah-rumah warga Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut berada di bibir tebing akibat tanah longsor. (Foto: iNewsTv/Ii Solihin)

GARUT, iNews.id - Pascalongsor di Desa Karyamekar, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Jumat (12/2/2021) malam, warga terdampak mulai mengungsi. Terutama bagi warga yang rumahnya masuk zona merah pergerakan tanah.

Camat Cilawu Mekarwati mengatakan, ada 45 rumah yang masuk ke dalam zona merah dengan jumlah pengungsi sebanyak 58 kepala keluarga (KK).

"Para pengungsi sekarang menempati SDN Karyamekar 2. Saya juga mengimbau mereka tak menginjakan kaki ke rumahnya dulu," kata Mekarwati, Senin (15/2/2021).

Dia menyebut, hingga hari ini pergerakan tanah masih terus terjadi. Panjang longsor mencapai 500 meter dengan kedalaman 50 meter.

"Sedangkan lahan yang terdampak longsor sebesar 3 hektare. Tanah longsor merusak lahan sawah yang ada di bawah permukiman warga," ucapnya.

Mimin (44), salah seorang warga menyebut jika rumahnya di Kampung Cipager, RT2/4 jadi salah satu yang tergerus longsor. Bagian dapur rumah Mimin terkena longsor dan kini posisinya berada di bibir tebing.

"Waktu kejadian saya ada di rumah sama anak, keponakan, dan kakak saya. Terus dengar suara gemuruh besar sekali sekitar jam 20.00," kata Mimin, Senin (15/2/2021).

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: