Kades di KBB Berharap PNS Sisihkan Gaji ke-13 untuk Penanganan Pandemi

Adi Haryanto ยท Rabu, 24 Februari 2021 - 20:05:00 WIB
Kades di KBB Berharap PNS Sisihkan Gaji ke-13 untuk Penanganan Pandemi
Ilustrasi

BANDUNG BARAT, iNews.id - Pemerintah desa di Kabupaten Bandung Barat (KBB) berharap PNS penerima gaji ke-13 bisa menyisihkan sebagian gajinya untuk penanganan Covid-19. Pasalnya, pemerintah desa cukup kewalahan membiayai penerapan PPKM mikro karena anggaran yang ada belum cair.    

"Anggaran dana desa belum turun, jadi kita nyari dana nonbudgeter atau talangan untuk menopang kegiatan PPKM mikro ini," ucap Kepala Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah, KBB, Khrisno Hadi, Rabu (24/2/2021).

Hal itu harus dilakukan karena kebijakan pemerintah bahwa PPKM mikro dilakukan guna menekan penularan Covid-19. Jika ada donatur atau misalnya kalangan PNS mau menyisihkan sebagian gaji ke-13 atau tunjangan untuk penanganan Covid-19 pastinya akan sangat membantu. 

Pasalnya, sepanjang PPKM mikro tahap satu yang berlangsung sejak tanggal 8-22 Februari 2021, Pemdes Mekarsari terpaksa meminjam dana talangan dari kas desa. Besarannya mencapai Rp3-5 juta untuk kebutuhan selama dua pekan.

Untuk PPKM mikro tahap dua ini juga, pihaknya tetap akan mengandalkan dana talangan kembali. Kali ini pihaknya menganggarkan sekitar Rp15 juta untuk berbagai kebutuhan dan pelaksanaan kegiatan sosialisasi selama dua pekan ke depan.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2