Jadi Korban Perdagangan Orang, Anak SMP Ini Disulap Datanya agar Lolos ke Timteng

Dharmawan Hadi · Selasa, 12 Juli 2022 - 06:32:00 WIB
Jadi Korban Perdagangan Orang, Anak SMP Ini Disulap Datanya agar Lolos ke Timteng
Pelajar SMP di Sukabumi jadi korban perdagangan orang. (Foto: Ilustrasi/Ist)

SUKABUMI, iNews.id - Seorang pelajar sekolah menengah pertama (SMP) di Cireunghas, Sukabumi menjadi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). Dia dijanjikan bekerja di Timur Tengah (Timteng). 

Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Cireunghas, Reni Agustini mengatakan, korban inisial SR (15) menjadi korban human trafficking ke Arab Saudi karena terbujuk rayu sponsor. 

"Menurut informasi yang kami terima, memang SR yang merupakan anak di bawah umur itu menjadi korban human trafficking ke Arab Saudi dan kasusnya sekarang sedang ditangani oleh Unit PPA Polres Sukabumi Kota," kata Reni, Senin (11/7/2022).

SR telah dijual ke Arab Saudi oleh penyalur tenaga kerja ilegal. Saat pemberangkatan, data kependudukan SR telah dimanipulasi oleh sponsor, sehingga lolos dari pemeriksaan petugas hingga bekerja di Arab Saudi. 

"Untuk modusnya itu, hasil pengakuan anak kepada saya, bahwa SR ini kenal seseorang, lalu diajak dan korban pun mau. Padahal itu, bukan pacarnya. Karena ia masih di bawah umur akhirnya pelaku itu memiliki niat untuk memberangkatkan kerja SR ke Arab Saudi," katanya.

Editor : Reza Yunanto

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: