Jabar Siapkan Subsidi Rp27 Miliar untuk Warga Paling Terdampak Kenaikan Harga BBM

Agung Bakti Sarasa · Senin, 12 September 2022 - 15:16:00 WIB
Jabar Siapkan Subsidi Rp27 Miliar untuk Warga Paling Terdampak Kenaikan Harga BBM
Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, Pemprov Jabar menyiapkan anggaran subsidi Rp27 miliar untuk warga paling terdampak kenaikan harga BBM. (FOTO: AGUNG BAKTI SARASA)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan, Pemprov Jabar menyiapkan anggaran subsidi sebesar Rp27 miliar untuk menekan dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Subsidi tersebut bakal diberikan kepada masyarakat paling terdampak kenaikan harga BBM, yakni, petani, nelayan, dan pelaku UMKM.  

"Jabar menyediakan Rp27 miliar yang dijadikan subsidi kepada pihak (warga) paling terdampak kenaikan BBM, khusus nelayan, petani, dan UKM," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu di sela pemantauan langsung harga kebutuhan pokok di Pasar Tradisional Balubur Town Square (Baltos), Kota Bandung, Senin (12/9/2022). 

Kang Emil menyatakan, dana subsidi sebesar Rp27 miliar tersebut berasal dari dana bagi hasil yang digunakan untuk bantuan sosial (bansos) kepada kabupaten/kota di Jabar. "Ada kewajiban dua persen dari dana bagi hasil itu dijadikan dana bansos untuk kota kabupaten," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar Iendra Sofyan mengatakan, Disperindag Jabar masih mengkaji penerima dana subsidi tersebut. 

"Ini yang sedang kita lihat karena anggaran kita terbatas, hanya dua persen Rp27 miliar. Sedangkan kebutuhan sekitar 2,7 juta orang. Kalau dibagi mungkin hanya Rp1.000 per orang. Ini harus kita fokus kan ke mana dan bagaimana sistemnya itu," kata Kadisperindag Jabar. 

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: