Blusukan ke Pasar di Bandung, Ridwan Kamil: Harga Kebutuhan Pokok Tak Naik Signifikan

Agung Bakti Sarasa ยท Senin, 12 September 2022 - 13:16:00 WIB
Blusukan ke Pasar di Bandung, Ridwan Kamil: Harga Kebutuhan Pokok Tak Naik Signifikan
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil saat memantau langsung harga kebutuhan pokok pascakenaikan harga BBM di Pasar Tradisional Baltos, Kota Bandung, Senin (12/9/2022). (Foto: iNews.id/Agung Bakti Sarasa)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil blusukan ke Pasar Balubur Town Square (Baltos), Kota Bandung. Blusukan tersebut untuk memantau langsung harga kebutuhan pokok pascakenaikan bahan bakar minyak (BBM), Senin (12/9/2022). 

"Hari ini saya monitor, ternyata secara umum tidak terjadi kenaikan signifikan oleh BBM," kata Kang Emil panggilan akrab Ridwan Kamil. 

Menurut Kang Emil, dia sengaja blusukan ke salah satu pasar tradisional di Kota Bandung itu untuk memantau situasi ekonomi pascakenaikan harga BBM. 

Berdasarkan hasil pantauannya, ada komoditas yang mengalami kenaikan harga imbas kenaikan harga BBM, yakni ikan yang awalnya dijual Rp20.000 per kilogram menjadi Rp26.000 per kilogram.

"Pas ditanya memang karena BBM naik," ujarnya. 

Meski begitu, lanjut Kang Emil, ada pula komoditas yang justru harganya turun, meski belum jatuh pada harga normal, seperti cabai. Menurutnya, harga cabai yang belum normal terjadi akibat terkendala pasokan. 

"Cabai sudah turun, tapi belum harga normal. Jadi bukan karena suplai BBM," katanya.

Dalam pantauannya itu, Kang Emil juga mengungkap fenomena menarik, yakni menurunnya pasokan daging ayam dan sapi. Berdasarkan penuturan pedagang, kata Kang Emil, pasokan daging ayam dan sapi yang berkurang terjadi akibat berkurangnya pembeli. 

"Menurut pedagang ayam dan sapi harga tidak masalah tapi pembeli berkurang," tutur dia. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: