Ini Pemicu Hujan Deras Disertai Es Landa Cimahi Berdasarkan Analisis BMKG

Adi Haryanto ยท Kamis, 01 Juli 2021 - 21:02:00 WIB
Ini Pemicu Hujan Deras Disertai Es Landa Cimahi Berdasarkan Analisis BMKG
Kendaraan yang terjebak banjir di kawasan industri Cibaligo, Cimahi, seusai turun hujan deras yang disertai butiran es, Kamis (1/7/2021) sore. (Foto/tangkapan layar video viral)

CIMAHI, iNews.id - Hujan deras disertai butiran es dan angin kencang melanda Kota Cimahi, Kamis (1/7/2021) sore. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, berikut penyebab yang memicu fenomena alam itu terjadi.

Kepala BMKG Kota Bandung Teguh Rahayu mengatakan, fenomena hujan es terjadi di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB). Fenomena alam tersebut terjadi karena ada pertumbuhan awan comulonimbus (Cb) dengan sifat supercell yang terpantau melalui satelit dan radar mulai pukul 14.04 AIB hingga 14.48 AIB.

"Awan Cb supercell tersebut terus tumbuh hingga mencapai suhu puncak awan antara -69 hingga -75 derajat Celcius (> 8 km vertikal). Oleh karena ketinggian awan Cb sudah melewati freezing level (5 km), dan ditambah dengan tingkat kelembapan yang tinggi (faktor lokal)," kata Teguh Rahayu. 

Selain itu, ujar Teguh, terpantau juga kekuatan updraft tinggi yang disebabkan labilitas atmosfer lokal sekitar Bandung (K index 37, lifting index -3). Maka butir air yang terkondensasi di bagian vault di atas freezing level menjadi butiran es yang cukup besar.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3