Ini Catatan Pendidikan Jabar Akhir Tahun, FAGI: Ada Titip-menitip Siswa saat PPDB

Arif Budianto · Selasa, 28 Desember 2021 - 15:47:00 WIB
Ini Catatan Pendidikan Jabar Akhir Tahun, FAGI: Ada Titip-menitip Siswa saat PPDB
FAGI memberi catatan soal PPDB di Jawa Barat selama 2021. Masih diwarnai titip menitip calon siswa. (Foto: Ilustrasi)

BANDUNG, iNews.id - Indikasi titip-menitip siswa masih mewarnai dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Jawa Barat sepanjang tahun 2021. Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Jawa Barat mengindikasikan hal itu berdasarkan catatannya selama setahun.

Dalam catatan FAGI menunjukkan PPDB 2021 di sekolah masih memberikan peluang titipan siswa dari pejabat baik eksekutif, legislatif, APH, LSM/ormas, maupun pengusaha. Juga ada di luar jalur resmi yang jumlahnya mencapai 10 persen per sekolah.

“Pada PPDB tahun 2022 FAGI mengusulkan, sekolah, berdasarkan rapat dengan dewan guru, kepala sekolah dan komite membuka jalur mandiri, sehingga sumbangan dari orang tua akan langsung masuk ke rekening sekolah/komite sekolah, tidak menguntungkan sepihak,” kata Ketua FAGI Jabar, Iwan Hermawan, Selasa (28/12/2021).

Hal itu berdasarkan PP No 17 tahun 2010 Pasal 82 Ayat (3) bahwa keputusan penerimaan calon peserta didik menjadi peserta didik dilakukan secara mandiri oleh rapat dewan guru yang dipimpin oleh kepala satuan pendidikan.

Mengenai bidang yang berkaitan dengan kesiswaan ini, Iwan menambahkan, Pemprov dan Disdik Jabar berhasil mengorbitkan siswa Jabar menjuarai baik di tingkat nasional maupin di tingkat internasional.

"Selain itu Pemprov dan Disdik Jabar berhasil melaksanakan percepatan vaksin Covid 19 sehingga mencapai 90 persen lebih untuk tingkat Sekolah Menengah," ujar dia.

Selain itu, Pemprov Jabar harus membuat regulasi yang jelas tentang memperbolehkan atau melarang pungutan sekolah dari orang tua. “Memperbolehkan atau melarang pungutan sekolah dari orang tua, jangan hanya dalam bentuk lisan,” katanya.

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: