HUT ke-77 Provinsi Jabar, Transaksi E-Samsat Meningkat 2 Kali Lipat di Marketplace
“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ekhel Chandra Wijaya.
Inisiatif hyperlocal yang digencarkan Tokopedia, tutur Head of External Communication Tokopedia, untuk mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di Jawa Barat, telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Jawa Barat hingga masyarakat secara umum.
Sementara itu, Nur Hidayat, pemilik Sangkayu, UMKM asal Ciamis, mengatakan, merasakan dampak positif sejak bergabung dengan Tokopedia. Marketplace ini menjadi pilihan utama dalam menjalankan bisnis.
“Sebelum memulai usaha Sangkayu, saya coba riset pasar dan mendapati belum banyak usaha yang fokus pada olahan kayu. Kalaupun ada, itu sangat mahal. Saya pun melihat peluang besar dan memutuskan untuk memulai usaha yang fokus pada produk olahan kayu dengan harga lebih murah dan dengan kualitas lebih baik,” kata Nur Hidayat.
Editor: Agus Warsudi