get app
inews
Aa Text
Read Next : Target Menang 10 Kursi di DPRD Ciamis, Ketua Golkar Jabar Ajak Kader Kompak

HUT ke-77 Provinsi Jabar, Transaksi E-Samsat Meningkat 2 Kali Lipat di Marketplace

Selasa, 23 Agustus 2022 - 21:09:00 WIB
HUT ke-77 Provinsi Jabar, Transaksi E-Samsat Meningkat 2 Kali Lipat di Marketplace
Memperingati HUT ke-77 Provinsi Jabar, terjadi kenaikan transaksi E-Samsat di Jawa Barat. Masyarakat lebih mudah membayar pajak melalui marketplace. (FOTO: ISTIMEWA)

BANDUNG, iNews.id - Saat peringatan HUT ke-77 Provinsi Jawa Barat tahun ini, terjadi peningkatan transaksi E-Samsat  dua kali lipat di marketplace dibanding raihan pada periode sama 2021. Masyarakat kini memanfaatkan E-Samsat untuk membayar pajak kendaraan.

Peningkatan transaksi E-Samsat itu dicatat oleh Tokopedi. Selain E-Samsat, peningkatan juga terjadi pada transaksi belanja online naik 1,5 kali lipat pada semester 1 2022 dibanding periode sama 2021.

"Berkat semangat kolaborasi dengan Pemprov Jabar dan terus berinovasi, masyarakat Jawa Barat dapat lebih mudah untuk memenuhi kewajiban membayar pajak dengan menggunakan E-Samsat melalui aplikasi Tokopedia," kata Head of External Communication Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya.

Ekhel Chandra Wijaya menyatakan, jumlah transaksi pajak bumi dan bangunan (PBB) kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat di Tokopedia, juga naik hampir 2 kali lipat pada 2022 dibanding 2021. 

“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ekhel Chandra Wijaya.

Inisiatif hyperlocal yang digencarkan Tokopedia, tutur Head of External Communication Tokopedia, untuk mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di Jawa Barat, telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Jawa Barat hingga masyarakat secara umum.

Sementara itu, Nur Hidayat, pemilik Sangkayu, UMKM asal Ciamis, mengatakan, merasakan dampak positif sejak bergabung dengan Tokopedia. Marketplace ini menjadi pilihan utama dalam menjalankan bisnis.

“Sebelum memulai usaha Sangkayu, saya coba riset pasar dan mendapati belum banyak usaha yang fokus pada olahan kayu. Kalaupun ada, itu sangat mahal. Saya pun melihat peluang besar dan memutuskan untuk memulai usaha yang fokus pada produk olahan kayu dengan harga lebih murah dan dengan kualitas lebih baik,” kata Nur Hidayat. 

Nur Hidayat memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia. Salah satunya, TopAds Tokopedia. Lewat fitur tersebut, Sangkayu berhasil meraup peningkatan pesanan signifikan pada tiap periode. “Kami bahkan sempat kewalahan karena pesanan sangat banyak. Jadi kami menggunakan sistem pre-order,” ujarnya. 

Sangkayu dapat terus berkembang, tutur Nur Hidayat, salah satunya karena terus melakukan inovasi sesuai kebutuhan dan keinginan masyarakat. Selain perkembangan usaha, Nur Hidayat juga senang dapat memberdayakan masyarakat sekitar untuk bergabung dengan Sangkayu. 

“Berkat pemanfaatan platform digital seperti Tokopedia, saya bisa mengembangkan usaha dan meningkatkan produktivitas masyarakat. Omzet kami meningkat berkali-kali lipat sejak bergabung di Tokopedia. Bagi para pelaku UMKM jangan takut memulai, dan harus berani untuk mencoba dan ikut dalam beragam program Tokopedia,” tutur Nur Hidayat.

Editor: Agus Warsudi

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya

iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut