Hebat, 2 Desa di Jabar Jadi Percontohan Pelayanan Masyarakat secara Digital

Arif Budianto ยท Senin, 26 Juli 2021 - 09:25:00 WIB
Hebat, 2 Desa di Jabar Jadi Percontohan Pelayanan Masyarakat secara Digital
Dua desa di Jawa Barat menjadi percontohan setelah memaksimalkan penggunakan SVN untuk melayani masyarakat secara digital. (Foto: Istimewa)

BANDUNG, iNews.id - Desa Pangandaran, Kabupaten Pangandaran dan Palasari, Kabupaten Subang, dua desa di Jawa Barat (Jabar), jadi percontohan dalam pelayanan masyarakat secara digital. Kedua desa itu memaksimalkan penggunaan platform Smart Village Nusantara (SVN) buatan PT Telekomunikasi (Telkom) yang baru dikembangkan di empat provinsi.

Selain dua desa di Jabar, ada tiga desa lainnya di Indonesia yang juga telah terdigitalisasi, yaitu, Desa Sambirejo (Kabupaten Sleman, Yogyakarta), Desa Ranupani (Kabupaten Lumajang, Jatim), dan Desa Kemuning (Kabupaten Karanganyar, Jateng). 

Sekretaris Desa (Sekdes) Desa Pangandaran Jaja Sudiana mengatakan, implementasi SVN di desanya dimulai pada 1 Oktober 2020. Saat itu kondisi telah pandemi sehingga dilakukan sejumlah pembatasan kegiatan masyarakat guna membatasi penularan Covid-19. 

"Kami punya 16 staf desa, namun setelah PPKM, hanya tiga orang yang bisa bertugas tiap hari. Sementara masyarakat butuh pelayanan. Aplikasi SVN seperti simpelDesa membuat masyarakat tetap bisa mengurus surat dari smartphone di rumahnya. Sementara kantor desa berjalan aman tidak ada kerumunan, antrean," kata Jaja.

Menurut dia, Pemerintah Desa Pangandaran mengatur tiga petugas yang bertugas sedemikian rupa sehingga tiap hari tetap ada yang bisa operasikan aplikasi di komputer personal milik desa. 

Editor : Agus Warsudi

Bagikan Artikel: