Hari Pertama Operasi Cabut Pentil, Oded dan Yana Gembosi 3 Mobil

Yogi Pasha · Jumat, 16 November 2018 - 14:55:00 WIB
Hari Pertama Operasi Cabut Pentil, Oded dan Yana Gembosi 3 Mobil
Wakil Wali Kota Yana Mulyana saat mencabut pentil ban mobil yang parkir sembarangan di Jalan RE Martadinata. (Foto: iNews.id/Yogi Pasha)

BANDUNG, iNew.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memberlakukan kebijakan Operasi Cabut Pentil ban kendaraan yang parkir sembarangan, Jumat (16/11/2018). Sedikitnya tiga kendaraan roda empat yang ditindak dalam penindakan tersebut.

Pantauan iNews, hari pertama penindakan dilakukan di Jalan RE Martadinata, tepatnya di kawasan Rumah Sakit (RS) Limijati. Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana ikut turun lapangan langsung melakukan penindakan. Keduanya menggembosi tiga kendaraan yang kedapatan parkir sembarangan dengan cara dicabut pentil ban-nya.

Tidak hanya dicabut pentil ban kendaraan, Oded dan Yana didampingi Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema juga memasang stiker bertuliskan ‘Pelanggaran, Anda Parkir di Sembarang Tempat, Nomor Plat Anda Sudah Dicatat’.

"Ada tiga kendaraan yang parkir sembarangan dan langsung kami gembosi. Sudah jelas ada tanda larangan parkir, namun mereka tetap parkir. Jadi, ya kami cabut pentilnya," kata Oded di sela-sela operasi penindakan, Jumat (16/11/2018).


Dia mengatakan, Operasi Cabut Pentil mulai diberlakukan di Kota Bandung setelah Keputusan Wali Kota (Kepwal) ditandatangani sejak 9 November 2018. Penerapan kebijakan ini didukung dan dibantu sejumlah pihak, mulai dari Dishub, Kepolisian, kejaksaan, Pengadilan, Kodim, dan Denpom III Siliwangi.

"Kepwal terkait Operasi Cabut Pentil ini sudah saya tandatangani 9 November lalu. Sekarang, kami mulai terapkan bersama instansi terkait dan diawali dengan apel pasukan gabungan di Mapolrestabes Bandung," ujar Oded.

Penindakan ini akan terus dilakukan dengan menyisir kawasan jalan yang kerap terjadi pelanggaran. Sebab, salah satu faktor terjadinya kemacetan di Kota Bandung yakni pengendara yang memarkirkan kendaraannya secara sembarangan.

"Salah satu titik krusial yang kerap terjadi pelanggaran parkir sembarangan itu berada di lokasi pusat perbelanjaan, objek wisata kuliner, dan keramaian," ucapnya.

Oded menuturkan, dengan hadirnya kebijakan Cabut Pentil ini kesadaran pengendara untuk mematuhi rambu lalu lintas mengalami peningkatan.

“Kami ingin semua ruas jalan di Kota Bandung bersih dari pelanggaran. Intinya sih bukan cabut pentilnya, tapi dengan adanya kepwal ini kami berharap masyarakat bisa lebih sadar jika di Bandung ada peraturan baru untuk tertib berlalu lintas,” tuturnya.

Editor : Donald Karouw

Bagikan Artikel: