Hapus Keraguan Masyarakat, Tokoh Agama di Jabar Kampanyekan Vaksinasi Covid-19

Agung Bakti Sarasa ยท Rabu, 13 Januari 2021 - 23:30:00 WIB
Hapus Keraguan Masyarakat, Tokoh Agama di Jabar Kampanyekan Vaksinasi Covid-19
Simulasi vaksinasi Covid-19. (iNews.id/Bagus Alit)

Senada dengan Badruzzaman, Pimpinan Pondok Pesantren Al-Muhajirin Purwakarta yang juga tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Abun Bunyamin menilai, vaksin diperlukan demi kemaslahatan umat. "Kami yakin apa yang dilakukan, vaksinasi dibutuhkan masyarakat untuk kemaslahatan," ujar KH Abun Bunyamin. 

Sekretaris PW Muhammadiyah Jabar Jamjam Erawan mengapresiasi upaya pemerintah dalam melawan pandemi. Namun, dia mengingatkan bahwa vaksinasi saja tidak cukup untuk menghentikan pandemi Covid-19. 

"Muhammadiyah Jabar mendukung (vaksinasi) sesuai arahan Muhammadiyah pusat beri dukungan kepada pemerintah dalam mencegah Covid-19. Pandemi tidak semata-mata selesai oleh vaksin. Meski sudah vaksinasi, diharapkan tetap ketat dalam penegakan 3M dan 3T," tutur Jamjam. 

Sementara itu, Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Bandung Romo FX Wahyu Tri Wibowo mengatakan, Gereja Katolik Keuskupan Bandung juga berterima kasih atas inisiatif dan kerja sama untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.  

"Kami di paroki-paroki berkampanye tentang protokol kesehatan dan memutus rantai penyebaran. Kami bersyukur diajak bersama bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat. Kita mulai (vaksinasi) bersama. Ini akan menjadi gambaran, agar warga Jabar tidak takut menerima vaksin. Kami siap mendukung, arahan gubernur akan kami sosialisasikan kepada umat Katolik di Keuskupan Bandung," kata Romo FX Wahyu.

Editor : Agus Warsudi