Guru Besar Faperta Unpad: Pupuk Organik Solusi atas Ketergantungan Subsidi

Agus Warsudi ยท Selasa, 11 Oktober 2022 - 13:40:00 WIB
Guru Besar Faperta Unpad: Pupuk Organik Solusi atas Ketergantungan Subsidi
Ilustrasi pupuk subsidi yang kini mahal dan jumlah produksinya terbatas. (Foto: Ist)

BANDUNG, iNews.id - Guru Besar Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung Prof Dr Tualar Simarmata menawarkan solusi penggunaan pupuk organik sebagai solusi mengatasi ketergantungan terhadap pupuk subsidi. Penggunaan pupuk organik harus dilakukan secara massal karena pupuk bersubsidi terbatas.

Prof Dr Tualar Simarmata mengatakan, pupuk menjadi faktor produksi krusial bagi petani. Sebab, pupuk merupakan sumber nutrisi bagi pertumbuhan tanaman agar bisa optimal, sehingga hasil panen maksimal.

Namun, ujar Prof Tualar Simarmata, saat ini pupuk subsidi yang dialokasikan pemerintah jumlahnya terbatas. Tercatat alokasi pupuk subsidi pada 2022 ini hanya sekitar 37-42 persen dari total kebutuhan petani di Indonesia. 

"Selain itu, harga pupuk non subsidi pun tidak murah, sehingga akan menambah biaya produksi bagi petani," kata Guru Besar Faperta Unpad, Selasa (211/10/2022).

Di sisi lain, kemampuan pemerintah dalam menyediakan pupuk subsidi terbatas. Apalagi saat ini hanya fokus pada dua jenis pupuk, yaitu, Urea dan NPK dengan produksi dan pasokan yang juga terbatas.

Editor : Agus Warsudi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel: