Gunung Sanggabuana Karawang Jadi Habitat Macan Tutul, Beberapa Ekor Tertangkap Kamera

Asep Supiandi ยท Minggu, 19 September 2021 - 17:54:00 WIB
Gunung Sanggabuana Karawang Jadi Habitat Macan Tutul, Beberapa Ekor Tertangkap Kamera
Seekor macan tutul tertangkap kamera di Gunung Sanggabuana Karawang. (Foto: Istimewa)

KARAWANG, iNews.id - Kamera trap menangkap penampakan macan tutul (panthera pardus) di Gunung Sanggabuana, Karawang. Sebelumnya sejumlah kamera dipasang untuk membuktikan bahwa di gunung tersebut menjadi habitat bagi harimau dahan tersebut.

Wakil Ketua Komisi IV DPR Dedi Mulyadi pun sengaja membeli kamera trap karena penasaran dengan kasus yang sempat menghebohkan beberapa waktu lalu, yakni banyak hewan ternak seperti domba milik warga di kaki Gunung Sanggabuana mati terkoyak. Warga pun menuding, dombanya dimangsa macan tutul yang turun gunung. 

Pada waktu itu warga berinisiatif akan menangkap macan tutul tersebut dengan menyiapkan daging domba yang sudah diracun. Namun upaya itu langsung digagalkan oleh Dedi Mulyadi karena hal itu bukan langkah yang tepat untuk menjaga keseimbangan ekosistem di Gunung Sanggabuana.

Untuk membuktikan itu, Dedi bersama petugas Perhutani memasang kamera trap di sejumlah titik. Hasilnya cukup mencengangkan, seekor macan tutul dewasa jenis betina tertangkap kamera. Penampakan macan tutul itu terjadi menjelang Subuh di salah satu salah satu lokasi di mana siangnya di lokasi itu banyak aktivitas dari pemburu madu. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel: