Menebar Kebaikan saat Pandemi

Gerakan Peduli Sesama di Bandung, Berbagi Makanan bagi Warga Isoman

Arif Budianto · Rabu, 28 Juli 2021 - 14:00:00 WIB
Gerakan Peduli Sesama di Bandung, Berbagi Makanan bagi Warga Isoman
Pandemi Covid-19 melahirkan banyak sikap kedermawanan dari masyarakat untuk warga terdampak. (Foto: MPI/Arif Budianto)

BANDUNG, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah menyebabkan jutaan penduduk di Indonesia mengalami dampak kesehatan dan ekonomi. Banyak warga harus menjalani isolasi mandiri (isoman) dan tidak sedikit satu kepala keluarga (KK) tidak bisa keluar rumah. 

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, banyak keluarga yang mengandalkan bantuan dari tetangga dan lembaga setempat. Namun, dengan kondisi yang serba terbatas, diperlukan bantuan dari beberapa pihak. 

Untungnya, di tengah banyak warga terpapar dan menjalani isolasi mandiri, banyak warga yang rela membantu. Salah satunya dari komunitas Solidaritas Sosial Bandung (SSB). Dalam sehari, komunitas ini bisa menyalurkan puluhan makanan bagi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri. 

"Dalam sehari bisa ada puluhan makanan yang kami beri dan antarkan kepada warga yang sedang isoman. Terkadang sampai tiga motor untuk mengantar makanan ke beberapa daerah di Bandung raya," kata penggagas SSB Niko Suryaman, Selasa (28/7/2021).

Komunitas Solidaritas Sosial Bandung (SSB) membagikan makanan kepada pengemudi ojek online, belum lama ini. (Foto: MPI/Arif Budianto)
Komunitas Solidaritas Sosial Bandung (SSB) membagikan makanan kepada pengemudi ojek online, belum lama ini. (Foto: MPI/Arif Budianto)

Menurut dia, meraka yang dibantu sebelumnya telah mendaftar dan memenuhi berbagai syarat. Tak hanya warga Bandung, bahkan bantuan sampai ke Bogor dan wilayah Jabar lainnya. Namun karena keterbatasan pengiriman, warga yang dilayani sementara ini hanya wilayah Bandung raya. 

Bantuan makanan itu didapat dari sumbangan para donatur, iuran anggota komunitas, dan penjualan merchandise. Hasil penjualan seluruhnya didonasikan untuk menyuplai makanan bagi mereka yang isoman.

Gerakan berbagi makanan juga dilakukan J99 Corp yang merupakan induk perusahaan kecantikan MS Glow, melalui J99 Foundation menyalurkan bantuan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isoman.

Paket yang diberikan mencapai 100 paket di setiap kota per harinya. "Paket makanan dan vitamin diberikan kepada warga yang sedang menjalani isoman terpapar covid tanpa gejala atau bergejala ringan," kata General Manager MS Glow Aesthetic Clinic Lita.

Paket makanan yang diberikan yaitu makanan siap saji, kemudian puding, susu, dan asupan multivitamin lainnya. Paket tersebut diberikan untuk menu siang dan malam. "Harapannya, mereka tidak perlu membeli makanan dari luar rumah atau kesulitan menyiapkan makanan saat isoman," ujar Lita.

Menyalurkan bantuan kepada lebih dari 100 paket, tentu saja bukan perkara mudah. Dibutuhkan ketekunan agar paket bisa sampai tepat waktu serta memberi perlindungan bagi kurir yang mengirimkan kepada keluarga yang isoman.

Untuk pendataan warga isoman, kata dia, pihaknya membuka informasi seluas-luasnya. Masyarakat bisa mengajukan mendapat bantuan dengan menunjukkan foto bukti swab antigen atau PCR yang positif dan menunjukan foto KTP.

Diakuinya, pemberian bantuan kepada warga yang sedang isoman tak hanya di Bandung saja. Kegiatan ini juga dilakukan di MS Glow Aesthetic Clinic cabang Medan, Surabaya, Bekasi, Bandung, Sidoarjo dan Malang. Selama masa PPKM berlangsung dari tanggal 14 Juli sampai dengan 20 Juli 2021, dalam satu hari sebanyak 100 paket didistribusikan di setiap wilayah.

Editor : Maria Christina

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: