Gerakan Gelap Gulita Menular dari Bandung ke Cimahi, 1 Jam Listrik Dimatikan

Adi Haryanto ยท Jumat, 26 Maret 2021 - 18:18:00 WIB
Gerakan Gelap Gulita Menular dari Bandung ke Cimahi, 1 Jam Listrik Dimatikan
Ilustrasi Gerakan Mematikan Listrik

CIMAHI, iNews.id - Gerakan mematikan lampu dari Kota Bandung menular ke Kota Cimahi menyusul imbauan agar masyarakat untuk switch off selama satu jam pada Sabtu (27/3/2021). Pemadaman lampu dari mulai pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB itu untuk mendukung Program Earth Hour di Kota Cimahi.

Imbauan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 25/2021 tentang Kewajiban Mendukung Aksi Peduli Lingkungan Dalam Program Earth Hour Kota Cimahi Tahun 2021 yang ditandatangani Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana.

"Kita sosialisasikan Program Earth Hour, dengan tagline #Cimahi Poek# Unity In Biodiversity. Harapannya ini menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam menghemat energi," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi, Lilik Setyaningsih, Jumat (26/3/2021).

Lilik menyebutkan, untuk peringatan Earth Hour tahun ini tidak ada kegiatan mengumpulkan massa, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sosialisasi sudah dilakukan dengan menyebar spanduk di sejumlah titik lokasi dan berbagai media sosial.

Melalui gerakan mematikan lampu selama satu jam, lanjut dia, diharapkan terjadi penghematan dan memelihara energi dan berbagai sumberdaya alam lainnya. Hal ini juga sebagai upaya mengurangi pemanasan global dan menghemat energi bagi generasi mendatang. 

Menurutnya, sebagai bentuk dukungan terhadap Program Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Iklim dan Earth Hour yang dilaksanakan secara Internasional, maka diimbau kepada seluruh lapisan masyarakat di Kota Cimahi untuk mendukung program dan kegiatan ini. 

"Masyarakat diminta mendukung Earth Hour dengan cara memadamkan minimal dua buah lampu, dan peralatan listrik yang tidak digunakan selama satu jam. Waktunya serempak pada hari Sabtu 27 Maret 2021 dimulai pukul 20.30 WIB sampai 21.30 WIB," ucapnya. 

Editor : Asep Supiandi