Dukung Program Petani Milenal, Ponpes Al-Mizan Majalengka Siapkan Lahan 11 Ha

Inin nastain · Jumat, 26 Maret 2021 - 14:52:00 WIB
Dukung Program Petani Milenal, Ponpes Al-Mizan Majalengka Siapkan Lahan 11 Ha
Pengasuh Pondok Pesantren Al Mizan KH Maman Imanulhaq, mengaku menyiapkan lahan 11 hektare untuk petani milenial. (Foto: MPI/Inin Nastain)

MAJALENGKA, iNews.id - Dukung program petani milenial, Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mizan Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat menyiapkan lahan baru seluas 11 hektare. Lahan tersebut akan difokuskan untuk areal pertanian berbagai komoditas. 

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Mizan KH Maman Imanulhaq, mengatakan, sebagai lembaga, Al-Mizan memiliki beberapa program yang fokus kepada sektor pertanian. 

"Al-Mizan memiliki beberapa kegiatan. Yang pertama kita mengkoordinir kelompok petani milenial, ada 50 kelompok yang diedukasi oleh Al-Mizan," kata Maman, Jumat (26/3/2021).

Kegiatan kedua, jelas dia, Al-Mizan kerjasama dengan Bank Indonesia mengedukasi kalangan milenial di bidang digital farming dan pemuliaan tanah. Edukasi itu diikuti dengan penyediaan lahan yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat pelatihan sekaligus praktik.

"Jadi kami punya pesantren, namanya Al-Mizan Wanajaya. Ada 11 hektare di daerah Wanajaya, Kecamatan Dawuan, Majalengka yang dijadikan sebagai tempat edukasi. Nanti teman-teman petani milenial dari program provinsi ini akan ikut pelatihan dulu," ujar dia.

Di pesantren Al-Mizan Wanajaya itu, lanjut dia, sektor pertanian yang akan difokuskan yakni padi, buah-buahan, peternakan dan perikanan. Rencananya, pekan depan akan ada Memerorandum of Understanding dengan IPB.

"(MoU dengan IPB) untuk mendesain. Misal tanah (jenis) apa, komoditas bagaimana dan bagaimana cara mengelola," ucap dia.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: