Genjot Ekonomi, Potensi Wisata Alun-alun Bandung Bakal Dimaksimalkan

Arif Budianto ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:42:00 WIB
Genjot Ekonomi, Potensi Wisata Alun-alun Bandung Bakal Dimaksimalkan
Alun-alun Bandung. (Foto: DOKUMENTASI/KORAN SINDO)

BANDUNG, iNews.id - Pemerintah Kota Bandung akan memaksimalkan potensi di kawasan Alun-alun Bandung untuk menggenjot ekonomi. Potensi yang bisa dimaksimalkan di antaranya pariwisata, perdagangan, dan lainnya. 

Dari sisi pariwisata, kawasan Alun-Alun menjadi salah satu pusat pariwisata yang mampu meningkatkan ekonomi di Kota Bandung. Tak hanya di Jalan Dalem Kaum, kawasan Alun-alun meliputi Jalan Kepatihan, kawasan Banceuy, Cikapundung Barat, dan Kawasan Viaduct. 

Di masa pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berupaya memulihkan ekonomi, salah satunya untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun peningkatan kesejahteraan bagi para pelaku usaha. 

Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Kota Bandung, Eric M Attauriq menyampaikan, melihat pertumbuhan ekonomi, pada tahun 2018, sebelum Covid-19 berada pada 7,08 persen. Tahun 2019, memasuki pandemi Covid-19 berada pada 6,79 persen. Sedangkan tahun 2020, masa pandemi Covid-19 yaitu -2.28 persen dan tahun 2021, mulai memasuki masa pemulihan ekonomi 3,76 persen. 

"Maka bisa dilihat pandemi sangat berdampak pada ekonomi. Tentunya terasa sekali di kawasan Alun-alun dan sekitarnya yang kegiatan ekonominya sangat mengandalkan interaksi langsung. Seperti tempat wisata sejarah, tempat perbelanjaan, ruang-ruang publik," ujar dia. 

Editor : Asep Supiandi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: