Geger, Warga Sodonghilir Tasikmalaya Temukan 2 Mortir Berdaya Ledak Tinggi

Asep Juhariyono ยท Minggu, 08 Agustus 2021 - 08:25:00 WIB
Geger, Warga Sodonghilir Tasikmalaya Temukan 2 Mortir Berdaya Ledak Tinggi
Anggota Unit Jibom Satbrimob Polda Jabar mengevakuasi dua buah mortir yang ditemukan warga di Desa Sodonghilir, Tasikmalaya. (Foto: iNewsTv/Asep Juhariyono).

TASIKMALAYA, iNews.id - Warga Desa Sodonghilir, Kabupaten Tasikmalaya dibuat geger dengan penemuan dua buah mortir yang diduga masih aktif, Sabtu (7/8/2021), petang. Dua bom tersebut ditemukan di samping rumah salah satu warga. 

Aparat Desa Sodonghilir, Heri Nurjaman, mengatakan, saat pertama kali ditemukan oleh warga, mortir tersebut berada di dinding tanah dengan kondisi sudah berkarat.

"Awalnya  warga tak menghiraukan keberadaan mortir itu. Akan tetapi selang beberapa lama warga menjadi khawatir benda itu bisa meledak. Apalagi sempat ada benda mirip peluru yang jatuh," kata Heri, Minggu (8/8/2021).

Warga pun akhirnya melaporkan penemuan mortir tersebut ke aparat berwajib. Tak lama kemudian, petugas dari Unit Jibom Satbrimob Polda Jawa Barat,  mendatangi lokasi. 

Seusai diidentifikasi, petugas membawa dua motir yang diduga masih aktif dan mempunyai daya ledak tinggi itu ke Makobrimob Polda Jawa Barat. Sementara di lokasi penemuan mortir diberi pembatas berupa garis polisi.

Di bagian lain, berdasarkan keterangan warga setempat, pada zaman dulu, lokasi penemuan mortir itu sempat dijadikan markas batalyon tentara pada tahun 1949 silam. Kuat dugaan bom tersebut peninggalan saat perang kemerdekaan.

Editor : Asep Supiandi

Bagikan Artikel: